Senin, 26 Desember 2016

Ini lah Perbedaan manfaat telur bebek rebus dengan telur bebek asin




Jakarta - Telur bebek terkenal mengandung protein yang tinggi. Telur dengan cangkang berwarna kebiruan ini juga sering diolah dengan peraman garam. Sama-sama dari telur bebek, tapi apakah kandungan ​nutrisinya ​berbeda?

Telur asin dibuat dari telur bebek yang direndam atau dibaluri dengan adonan garam selama beberapa hari. Cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu untuk mengawetkan telur. Dalam proses pembuatan telur asin, biasanya digunakan tambahan beberapa bahan seperti garam dapur, abu hingga batu-bara. Hal ini tentu berpengaruh juga terhadap kandungan gizinya.



Telur bebek biasanya hanya diolah dengan cara direbus atau digoreng. Sedangkan telur bebek yang sudah diasinkan justru kini banyak diolah menjadi beragam makanan, mulai dari campuran hidangan martabak, seafood, pempek, pasta hingga croissant isi saus telur asin.

"Untuk kandungan protein pada telur bebek rebus dan telur bebek asin tidak jauh berbeda. Namun, proses pengasinan akan meningkatkan kadar natrium (sodium) pada telur asin," tutur Jansen Ongko, ahli gizi yang baru saja meluncurkan buku kesehatan berjudul 'Fit Teens Diary' kepada detikFood (28/03).

Menurut Jansen, dalam 100 gram telur bebek rebus mengandung kalori sebesar 185 Kkal, 12,8 gr protein, 13,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 56 mg kalsium dan 146 mg natrium. Sedangkan untuk 100 gr telur bebek yang sudah diasinkan mengandung 183 Kkal, 12,7 gr protein, 13,6 gr lemak, 1,4 gr karbohidrat, 120 mg kalsium dan 529 mg natrium.



"Peningkatan kadar natrium pada telur bebek asin mencapai 3 kali lipat lebih banyak daripada yang terdapat pada telur bebek rebus. Selain kandungan natrium, pada telur bebek asin juga terjadi peningkatan kalsium mencapai 2 kali lipat dibandingkan dengan telur bebek rebus," jelas pria yang juga gemar berolahraga ini. 

Sumber : detik.com

1 komentar: